PENDUDUK

Data Kependudukan, utamanya dapat diperoleh melalui Sensus Penduduk, Registrasi Penduduk, dan Survei Kependudukan. 

a. Sensus Penduduk adalah suatu kegiatan pengumpulan data kependudukan terhadap seluruh penduduk di suatu wilayah dalam suatu waktu tertentu. Kegiatan tersebut di lakukan setiap sepuluh tahun sekali, pada tahun yang berakhiran angka 0. Pencacahannya dilakukan secara serentak terhadap seluruh penduduk dan keterangan kependudukan yang dikumpulkan dirinci selengkap-lengkapnya hingga data yang dihasilkan mampu memberikan gambaran sampai di wilayah terkecil, yaitu unit pemerintahan terkecil, desa/kelurahan. Hasil sensus penduduk selain berguna untuk mengetahui jumlah penduduk secara keseluruhan pada waktu tertentu berdasarkan umur, jenis kelamin, dan sebagainya, juga berguna sebagai data dasar angka proyeksi penduduk. 

b. Registrasi Penduduk adalah suatu kegiatan pencatatan rutin setiap kejadian yang terjadi pada seluruh penduduk yaitu kelahiran, kematian dan perpindahan. Dengan registrasi penduduk yang baik dan benar berarti setiap saat secara langsung dapat segera diketahui jumlah penduduk yang terdapat dalam suatu wilayah. Angka Registrasi Penduduk biasanya diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu Registrasi Penduduk Pertengahan Tahun dan Registrasi Penduduk Akhir Tahun. Perbedaan mendasar antara data kependudukan hasil Sensus Penduduk dengan hasil Registrasi adalah bahwa Sensus Penduduk bersifat de facto sedangkan yang dihasilkan dari Registrasi bersifat de jure. 

c. Survei Kependudukan adalah suatu kegiatan pengumpulan data kependudukan yang dilaksanakan dengan menggunakan teknik sampel tertentu dan jenis data yang dikumpulkan tergantung dengan jenis surveinya. Survei Sosial dan Ekonomi Nasional (Susenas), dan Survei Tenaga Kerja Nasional (Sakernas) adalah contoh dari beberapa survei kependudukan yang dilakukan BPS.
Daftar Tabel
Jumlah penduduk Jawa Timur 2000 - 2013
Kepadatan penduduk pertengahan tahun menurut Kabupaten/Kota
Piramida Penduduk Jawa Timur 2010
Piramida Penduduk Jawa Timur 2011
Piramida Penduduk Jawa Timur 2012
Piramida Penduduk Jawa Timur 2013
Piramida Penduduk Jawa Timur 2016
Piramida Penduduk Jawa Timur 2019
Piramida Penduduk Jawa Timur 2010 75+
Proyeksi Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin Tahun 2010 - 2013
Perkembangan Penduduk Jawa Timur 1802 - 2013
Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Harapan Hidup (AHH) Penduduk Jawa Timur Menurut Kabupaten/Kota, Tahun 2010 - 2012
Persentase Penduduk Buta Aksara Provinsi Jawa Timur Menurut Kelompok Umur dan Tahun
Jumlah Penduduk Miskin, Persentase Penduduk Miskin dan Garis Kemiskinan di Jawa Timur 2008 - 2013
Jumlah dan Persentase Penduduk Miskin, Garis Kemiskinan,Indeks Kedalaman Kemiskinan (P1), dan Indeks Keparahan Kemiskinan (P2) Menurut Kabupaten/Kota, 2011
Persentase Perempuan Jawa Timur Usia 10 Tahun Ke Atas yang Kawin di Bawah Umur (Kurang dari 17 Tahun), Tahun 2010 - 2012